PEMILIHAN PENGURUS PELKAT

Berdasarkan Surat Majelis Sinode No. 3859/XI-’17/MS.XX tertanggal 06 Nopember 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengadaan Pengurus masing-masing Pelkat, maka dijelaskan beberapa hal, sbb :

  1. Persyaratan Kualitatif

Baca (Titus 1:6-9 dan I Timotius 3:8-13)

  1. Persyaratan Administratif
  2. Tentang tempat tinggal yaitu bertempat tinggal di wilayah pelayanan Jemaat setempat.
  3. Sudah menjadi Warga Sidi Jemaat, khusus untuk Pengurus PELKAT sekurang-kurangnya sudah 1 (satu) tahun menjadi Warga Sidi Jemaat dengan menunjukkan Surat Sidi Gereja.
  4. Terdaftar di Jemaat sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan pada saat pengadaan Pengurus PELKAT.
  5. Jika sudah kawin WAJIB menunjukkan Surat Perkawinan Gereja dan Surat Perkawinan Catatan Sipil.
  6. Tidak bercerai hidup (Peraturan nomor 1 pasal 3 ayat 2.a.3). Dalam hal ini, sebelum diputuskan diperlukan percakapan khusus dengan Ketua Majelis Jemaat (KMJ).
  7. Sekurang-kurangnya berijazah Sekolah Menengah Umum/sederajat, kecuali di Jemaat tertentu dapat lebih rendah (misalnya, wilayah-wilayah Pelayanan dan Kesaksian (PELKES), Jemaat Pemekaran PELKES atau dalam kondisi keterbatasan sumber daya dan atas pertimbangan dari Majelis Jemaat).
  8. Bukan pasangan atau anak dari Pendeta Organik yang ditempatkan di Jemaat yang bersangkutan, kecuali sebagai Pelayan PA/PT.
  9. Bukan Pegawai GPIB atau Tenaga Kontrak/Honorer di Jemaat yang bersangkutan kecuali sebagai Pelayan PA dan Pelayan PT.
  10. Mengikuti seluruh materi pembinaan bagi Pengurus PELKAT dan Pelayan PA/PT (lihat butir C angka 2) yang telah dipersiapkan oleh Majelis Sinode.
  11. Pengurus PELKAT hanya diperkenankan menjabat 2 (dua) periode berturut-turut dan dapat dipilih kembali setelah masa jedah minimal 1 periode, kecuali kondisi Jemaat yang tidak memiliki sumber daya insani.
  12. Menandatangani Surat Pernyataan Kesediaan dan Loyalitas.
  13. Menyerahkan seluruh data-data dan surat-surat yang diperlukan.
  1. Mekanisme Pengadaan di Lingkup Jemaat
  2. Mendata nama-nama yang bersedia menjadi pengurus dari setiap Sektor Pelayanan dan menanyakan kesediaan yang bersangkutan.
  3. Pemilihan diselenggarakan dengan cara, masing-masing Sektor Pelayanan membawa nama calon yang sudah menyatakan kesediaannya sebagai calon pengurus (Ketua, Sekretaris dan Bendahara)
  1. Jadwal Pelaksanaan Pemilihan Pengurus Pelkat (Ketua, Sekretaris dan Bendahara), sbb:
PELKAT HARI / TANGGAL TEMPAT WAKTU
PKP Selasa, 28 Nov 2017 Gereja Sesudah Ibadah
PKLU Minggu, 03 Des 2017 Gereja  Sesudah Ibadah Minggu Pagi
GP Jum’at, 12 Jan 2017 Sesuai Jadwal Pelkat sesudah Ibadah
PKB Senin, 04 Des 2017 Sesuai Jadwal Pelkat sesudah Ibadah
PA dan PT Minggu, 10 Des 2017 Sesuai Jadwal Pelkat Sesudah Ibadah
Sesuai Jadwal Pelkat Sesudah Ibadah
  1. Dalam rangka pemilihan Pengurus Pelkat Kaum Lanjut Usia, maka diundang seluruh Kaum Lanjut Usia untuk hadir dalam Ibadah Minggu Pagi.

Demikian untuk diketahui dan mohon perhatiannya.

You may also like...